Fair Trade, Pendekatan Alternatif Perdagangan Internasional (Bagian 2)

Netsains.Com – Salah satu contoh perusahaan yang sudah mengimplementasikan Fair Trade sejak lama serta giat berkampanye tentangnya adalah perusahaan kosmetik asal Inggris, The Body Shop.

Community Trade adalah istilah mereka untuk Fair Trade. Mereka berkomitmen untuk melakukan aktivitas perdagangan yang jujur, adil dan bertanggung jawab dengan (para) pemasoknya. Biasanya pemasok yang dicari adalah pemasok berskala Usaha Kecil baik itu petani, peladang, pengrajin lokal/ tradisional pada negara sedang berkembang yang juga memiliki keahlian yang mumpuni.

Bahan baku, barang setengah jadi ataupun barang jadi, jika ada, dibeli dengan harga yang wajar dan layak. Sesuatu yang mungkin jarang dijumpai karena biasanya pemasok berskala Usaha Kecil tersebut memiliki posisi tawar yang lemah dan tingkat kecerdasan yang berbeda, yang menjadikan mereka hanya menerima kompensasi ataupun harga yang lebih rendah dari harga pasar atau yang semestinya.

Dengan membeli bahan baku dari komunitas/pengrajin/pekerja/pengusaha lokal, secara tidak langsung kita turut membantu perekonomian masyarakat setempat agar bisa berkembang lebih cepat. Berbagai produk atas dasar komitmen di atas dikenal sebagai produk community trade.
Tahun 2008 mereka memiliki 31 pemasok dari 24 negara yang menyediakan 20 jenis bahan baku, 60 jenis item aksesoris serta suvenir. Total jendral 1000 ton bahan baku Community Trade dan sejuta lebih tas kosmetik dibeli setiap tahunnya dengan nilai pembelian 5 juta pound. Lebih dari 25.000 pemasok di seluruh dunia terlibat dalam aktivitas perdagangan jenis ini.

Beberapa kriteria mereka dalam memilih pemasok adalah adanya bukti kebutuhan dan marginalisasi, bukti akan adanya manfaat langsung dan berkelanjutan dari aktivitas perdagangan yang akan dilakukan, organisasi berbasis komunitas, kelestarian lingkungan, kemampuan untuk menghasilkan laba.

Keuntungan menjadi pemasok dalam aktivitas perdagangan jenis ini adalah:
• Kompensasi yang layak dan wajar atas produk/jasa yang dihasilkan
• Duku ngan terhadap pengembangan komunitas di lingkungan pemasok.
• Hubungan perdagangan jangka panjang dengan jumlah pesanan yang jelas berdasarkan atas estimasi produksi yang kuat.
• Partisipasi positif dan proaktif dari kedua belah pihak
• Jangka waktu pembayaran yang bersahabat
• Pemasok akan dipromosikan secara global atas aktivitas perdagangan yang dilakukan
• Adanya tim khusus yang menjaga keberlangsungan hubungan dan aktivitas perdagangan dengan pemasok.

Statistik yang terakhir diperoleh, tahun 2008 penjualan produk Fairtrade di seluruh dunia berjumlah 3.4 miliar Euro dengan 827 produsen/pemasok bersertifikasi di 58 negara mewakili 1.2 juta pekerja serta 6 juta konsumen.

Beberapa film pendek tentang Fair Trade dapat ditonton di situs web Fair Trade sementara film yang dapat dinikmati di layar kaca anda beberapa diantaranya adalah The Fair Trade dan Black Gold. World Fair Trade Day sendiri jatuh pada hari Sabtu kedua bulan Mei setiap tahunnya yang mulai dirayakan tahun 2002.
Sumber Referensi:
1. The Fair Trade Revolution by John Bowes (Editor), Pluto Press, New York, USA, 2011.
2. http://www.wfto.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2&Itemid=14
3. http://en.wikipedia.org/wiki/Fair_trade
4. http://en.wikipedia.org/wiki/Community_Trade_Mark
5. http://www.thebodyshop-usa.com/beauty/community-trade

Sebagaimana dimuat di NetSains: http://netsains.net/2011/04/fair-trade-pendekatan-alternatif-perdagangan-internasional-bagian-2/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s